Wednesday 13 October 2021

Pelaksanaan ANBK SMPN 1 Pusakanagara Tahun 2021

asesmen nasional


Pada tanggal 06 - 07 Okotober 2021 SMP Negeri 1 Pusakanagara telah suskses menyelenggarakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang telah diikuti oleh 45 siswa yang merupakan sample yang dirandom pada aplikasi biosmp kemendikbud.

Apa Itu Asesmen Nasional ?

Asesmen Nasional adalah evaluasi program yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar


Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid

Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengembangkan, berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga untuk dapat berkontribusi secara produktif masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Bentuk soal Asesmen Nasional

Pilihan ganda

Pilihan Ganda Kompleks

Menjodohkan

singkatan isian

Uraian



SMPN 1 PUSAKANAGARA

Author & Editor

“TERWUJUDNYA WARGA SEKOLAH YANG BERAKHLAKUL KARIMAH, BERILMU, TERAMPIL DAN BERBUDAYA”

0 Comments:

Post a Comment