SOAL LATIHAN TES PPPK
GURU MATA PELAJARAN
1.
Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga,
kelompok masyarakat dan bangsa serta mendukung aturan sosial bukan hanya untuk
ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut
merupakan tahapan perkembangan moral ....
A.
pre konvensional
B.
konvensional
C.
post konvensional
D.
inter konvensional
2.
Masa anak berusia 13-16 tahun mencapai tahapan
perkembangan social dengan kesadaran hubungan aku engkau atau hubungan
subyektif obyektif, tahapan dalam perkembangan ini berlangsung secara ....
A.
subyektif
B.
subyektif menuju
obyektif
C.
pra puber menuju pubertas
D.
obyektif
3.
Perhatikan pernyataan berikut ini :
1)
mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2)
menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling
banyak benar dijawab siswa
3)
menganalisis latar belakang, sosial, ekonomi, dan
budaya orang tua mereka
4)
mengevaluasi sistem PBM, secara menyeluruh berdasarkan
atas dasar analisis penilaian belajar. Pernyataan di atas yang merupakan
langkah guru mengukur prestasi hasil analisis evaluasi belajar adalah ....
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 4
D.
3 dan 4
4. Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara
lain berupa kegiatan guru ….
A. memeriksa dan
memberikan nilai terhadap hasil catatan aktifitas tiap siswa dalam kegiatan di
kelas
B. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang
beraktifitas sangat positif
C. merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang
kurang baik berdasarkan penilaian non tes
D.
melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang
beraktifitas kurang baik
5. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A.
pemberian penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas
siswa
B.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian
dan sumatif tiap siswa
C.
mengumpulkan
hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan
rekan siswa dalam satu album sebagai bukti hasil belajar
D.
mengumpulkan gambaran hasil ulangan tiap siswa untuk
melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertulis dan kemudian
diberikan pengayaan dan remedial
6.
Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain ….
A.
menentukan criteria keberhasilan belajar
B.
mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajar
C.
mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari
kriteria keberhasilan yang diharapkan
D.
merencanakan pengajaran remedial
7.
Salah satu prinsip merancang program remedial bagi
peserta didik tampak pada kegiatan guru ….
A.
membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa yang
remedial
B.
menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah diserap dengan memperhatikan temuan, analisis
evaluasi belajar siswa
C.
menggunakan rancangan pembelajaran yang berbeda sama
sekali dengan rancangan yang ada
D.
merancang tes ulangan saja tanpa ada pengulangan
penjelasan materi
8.
Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan
social antara lain terletak dalam upaya guru ….
A.
Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
B.
Melatih siswa
membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
C.
Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan
lingkungan sekitar
D.
Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial
disekitar kita
9.
Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan
disebut kegiatan ....
A.
Elaborasi
B.
Eksplorasi
C.
Konfirmasi
D.
Browsing
10.
Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan
elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ....
A.
Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik.
B.
Menfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
C.
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
D.
Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
11.
Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan
peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang
terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut .... A. 1)
memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk
merespon; 2) penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3) respons peserta didik
untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.
B.
1) reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2)
penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3) memberikan pertanyaan atau tugas
sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4) respons peserta didik
untuk merespons;
C.
1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan
kepada peserta didik untuk merespon; 2) respons peserta didik untuk merespons;
3) reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4) penyiapan kondisi psilogis
peserta didik
D.
1) penyiapan
kondisi psilogis peserta didik, 2) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai
undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3) respons peserta didik untuk
merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik
12.
Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar
siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu
pada ....
A.
Metode pembelajaran
B.
Pendekatan pembelajaran
C.
Strategi
pembelajaran
D.
Gaya pembelajaran
13.
Ketuntasan Belajar minimal (KKM) ditentukan oleh
faktor-faktor di bawah ini, kecuali
.... A. Intake Siswa
B.
Tingkat kesulitan
C.
Sarana pendukung
D.
Orang Tua Siswa
14.
Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai
berikut:
A.
fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
B.
fakta, konsep,
prinsip, definisi, aksioma
C.
fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur, fungsi
D.
fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
15.
Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat
mengacu pada rumusan ….
A.
kompetensi dasar
B.
standar kompetensi
C.
indicator
D.
metode pembelajaran
16.
Di bawah ini merupakan pengidentifikasian materi
pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1)
potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran,
relevansi dengan karakteristik daerah
2)
tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional,
social dan spiritual peserta didik
3)
kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan,
aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
4)
kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5)
relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan
lingkungan dan alokasi waktu 6) dana
yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang
diampu,guru harus memperhatikan antara lain nomor .... A. 1,
2, 3, 4
B.
2, 3, 5,
6
C.
1, 2, 3, 5
D.
1, 2, 4, 5
E. 3, 4, 5, 6
17.
Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ....
A.
menentukan kriteria keberhasilan belajar
B.
mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian
belajarnya
C.
mencari letak
kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D.
merencanakan pengajaran remidi
18.
Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A.
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
pengarang yang berbeda
B.
memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang
lebih tingi
C.
memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam
dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai.
D.
diberikan materi
bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang
memiliki kesulitan tinggi
19.
Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar,
seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
A.
Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian, Analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan
pengayaan
B.
Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa
hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
C.
Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program
perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian
D.
Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program
perbaikan dan pengayaan
E.
Semua indikator
ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil
penilaian
20.
Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama
peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk ....
A.
mengukur ketuntasan peserta didik
B.
mengukur efektivitas proses pembelajaran
C.
mengukur hal-hal
yang belum dipahami peserta didik
D.
menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
21.
Standar Penilaian Pendidikan diatur dalam Permendikbud
RI Nomor ....
A.
Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016
B.
Permendikbud RI
Nomor 23 Tahun 2016
C.
Permendikbud s RI Nomor 24 Tahun 2016
D.
Permendikbud RI Nomor 25 Tahun 2016
22.
Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk
memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam
penilaian ranah psikomotor guru menggunakan .... A. soal pilihan ganda
B.
soal jawaban singkat
C.
soal uraian objektif
D.
tes performance
23.
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara
....
A.
memberikan penilaian menyeluruh terhadaptugas-tugas
peserta didik
B.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian
dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
C.
mengumpulkan
hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh
guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D.
mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan
tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami
pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
24.
Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar, harus memperhatikan ....
A.
substansi,
konstruksi, bahasa
B.
substansi, konstruksi, validitas, skor
C.
substansi, bahasa konstruksi, skor
D.
substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
E.
substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
25.
Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas
adalah ....
A.
Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes,
penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
B.
Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal,
penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
C.
Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan
berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
D.
Belajar tuntas, penilaian
otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria,
menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
26.
Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah ....
A.
Penilaian hasil
belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta
didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
B.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan
dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan
kenaikan kelas, ujian sekolah
C.
Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata
pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
D.
Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan
oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan Pendidikan
27.
Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik
meliputi aspek ....
A.
kepribadian, kognitif, afektif
B.
kognitif, kepribadian, psikomotor
C.
afektif, kognitif, mental
D.
kognitif,
psikomotor, afektif
28.
Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa
untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal
adalah dengan cara ....
A.
guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir
pelajaran
B.
guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan
bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
C.
guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah
belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
D.
guru menugaskan
siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
29.
Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru
dapat dilakukan dengan cara ....
A.
memberikan penilaian terhadap aktivitas, tahap kemajuan
dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
B.
memberikan pre
test maupun pos test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran
C.
mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
D.
mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih
dahulu kepada siswa
30.
Penilaian merupakan salah satu proses penting dalam
penilaian. Prinsipprinsip penilaian yang harus dipedomani adalah penilaian
harus dilaksanakan secara ....
A.
sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, menyeluruh,
terpadu, berkesinambungan, objektif, efisien dan efektif, sistematis,
akuntabel
B.
terbuka, bermakna, adil, sahih (valid), efisien dan
efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan acuan norma
C.
sahih (valid), adil, terbuka, bermakna, objektif dan
efisien, berkesinambungan, terpadu, menyeluruh
D.
sahih (valid),
adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan, terpadu,
sistematis, menggunakan acuan kriteria, akuntabel
31.
Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus
dilakukan adalah ….
A.
Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
B.
Menyusun
kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
C.
Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi
pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
D.
Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
E.
Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan
(terdapat pada silabus yang telah disusun)
32.
Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu
diperhatikan adalah ….
A.
Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang
telah ditetapkan
B.
SK, KD, dan
Indikator yang akan digunakan (terdapat pada silabus yang telah disusun)
C.
Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
D.
Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal,
teknik penskoran
33.
Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik
dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator
kompetensi adalah ….
A.
Standar Kompetensi
B.
Kompetensi Dasar
C.
Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran
D.
Kompetensi
E.
Standar Kompetensi Lulusan
34.
Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang
menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan
dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu
adalah ….
A.
Standar Kompetensi
B.
Kompetensi Dasar
C.
Standar Kompetensi Mata Pelajaran
D.
Kompetensi
E.
Standar Kompetensi Lulusan
35.
Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan
prinsip berikut ini, kecuali ….
A.
Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara
terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan proses pembelajaran
B.
Mengembangkan tugas penilaian yang bermakna, terkait
langsung dengan kehidpan nyata
C.
Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong dan
memperkuat penilaian sebagai cermin diri
D.
Melakukan
penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD
36.
Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating),
merencanakan (planning),
memperhitungkan/meramalkan kemungkinan (extrapolating),
meramalkan (predicting),
menduga/mengemukan pendapat/mengambil kesimpulan (inferring) temasuk klasifikasi Kata Kerja Operasional sesuai dengan
Tingkat Berpikir …. A. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
B.
Memproses (processing)
C.
Menerapkan dan
Mengevaluasi
D.
Perilaku yang kreatif
37.
Dalam mengembangkan indikator hendaknya ….
A.
Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu
dan/atau tingkat kesulitan materi
B.
Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan
kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
C.
Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi
dasar antarmata pelajaran.
D.
Sesuai dengan
karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah
dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat
diobservasi
38.
Mengsintesisikan (synthesize),
mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti/melakukan eksperimen
(experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk klasifikasi Kata Kerja
Operasional sesuai dengan tingkat berpikir ....
A.
Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
B.
Memproses (processing)
C.
Menerapkan dan Mengevaluasi
D.
Perilaku yang kreatif
39.
Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut ….
A.
Berisikan
pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur
yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan
kompetensi dasar
B.
Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode,
atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif
berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat,
tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan
yang harus dikuasai
C.
Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan
dievaluasi atau dinilai
D.
Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari
setiap standar kompetensi
40.
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang
menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya
mempertimbangkan berikut ini, kecuali ….
A.
Potensi peserta didik
B.
Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional,
sosial, dan spiritual peserta didik
C.
Kebermanfaatan
bagi pendidik/guru
D.
Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran
41.
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa
peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggungjawab. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan prinsip
pengembangan kurikulum ….
A.
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni
B.
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C.
Menyeluruh dan berkesinambungan
D.
Berpusat pada
potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya
42.
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan
pemangku kepentingan (stakeholders)
untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di
dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja.
Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ….
A.
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni
B.
Relevan dengan
kebutuhan kehidupan
C.
Menyeluruh dan berkesinambungan
D.
Beragam dan terpadu
43.
Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya
memperhatikan berikut ini, kecuali ….
A.
Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar
B.
Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang
pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah
melaksanakan kegiatan pembelajaran (learner
oriented)
C.
Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek
kognitif, psikomotorik, maupun afektif
D.
Dalam merumuskan
tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang operasional yaitu
kata-kata yang teramati dan terukur (observable
and measurable)
44.
Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan ....
A.
Setelah
menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus
yang telah disusun
B.
Setelah mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi
pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
C.
Setelah menentukan metode pembela-jaran yang akan
digunakan
D.
Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang
terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
45.
Dalam menentukan rencana implementasi kegiatan
pembelajaran perlu memperhatikan hal berikut, kecuali ....
A.
Tentukan model, pendekatan, strategi, metode, teknik
pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan
pembelajaran
B.
Strategi yang dipilih hendaknya menantang, memotivasi,
mendorong minat siswa untuk secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan,
ketrampilan, dan sikap yang harus dikuasai (student centered learning)
C.
Beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain
pembelajaran kontekstual, konstruktivisme, pembelajaran pemecahan masalah,
pembelajaran individual, pembelajaran kooperatif, metode proyek, penugasan, dsb
D.
Menentukan
rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka
mencapai tujuan pembelajaran
46.
Guru profesional dituntut memahami karakteristik
peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan
implementasi dari ….
A.
Kompetensi Kepribadian
B.
Kompetensi Profesinal
C.
Kompetensi
Pardagogik D. Kompetensi Sosial
47.
Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan
penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah ....
A.
Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional
B.
Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris
C.
Melakukan
kegiatan pre test
D.
Melakukan post test
48.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1)
Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat
melemahkan semangat belajar siswa.
2)
Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara
sehat.
3)
Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian
dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.
4)
Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat
kelas.
Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan
untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang memiliki motivasi dan minat
belajar rendah, adalah pernyataan ….
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
1 dan 4
D.
2 dan 4
49.
Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat
peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata
pelajaran. Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan
intake siswa. Pernyataan berikut yang bukan
factor utama untuk menentukan Intake siswa adalah .... A. Data
hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru
B.
Nilai rapor kelas sebelumnya
C.
Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis
D.
Data
pengelompokan sosial ekonomi orang tua
50.
Pak Andi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami
oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling
tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah ....
A.
Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk
mendikusikan aspirasinya secara rasional
B.
Tunjukkan akibat
atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar
C.
Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan
siswa di dalam kelas
D.
Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang
menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar
51.
Perhatikan pernyataan berikut :
1)
Faktor–faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami
siswa
2)
Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan) umum
terbatas/rendah
3)
Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam
bidang tertentu
4)
Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab
kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan ....
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
3 dan 4
52.
Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai
bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui
kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ....
A.
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan
religius.
B.
Penyaluran,
pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi
C.
Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif,
prestasi dan ekonomis.
D.
Prestasi, rekreatif, kreatif, edukatif, dan produktif.
53.
Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara
optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui
Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler. Dalam KTSP kegiatan
pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah ….
A. Layanan
pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.
B.
Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.
C.
Layanan pribadi,
sosial, karir dan belajar D. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan
belajar.
54.
Pembelajaran bermakna
memerlukan usaha yang
sungguh-sungguh dari siswa
untuk menghubungkan konsep baru dengan
konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui
konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan ....
A.
siklus belajar
B.
peta konsep
C.
pembelajaran konsep D. struktur kognitif
55.
Manakah diantara pernyataan berikut yang tidak sesuai
dengan model konstruktivis dalam mengajar?
A.
Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa
belajar
B.
Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi
C.
Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri
D.
Memberi tugas
siswa untuk menghafal konsep tertentu
56.
Pembelajaran kontekstual dianggap pembalajaran yang
bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran
tersebut adalah ....
A.
membangkitkan minat siswa
B.
merangsang siswa lebih aktif belajar
C.
memberi kesempatan siswa berkreasi
D.
membiasakan
siswa belajar sesuai dengan lingkungan
57.
Indikator (IPK) dalam RPP dikembangkan berdasarkan ....
A.
standar kompetensi
B.
materi pembelajaran
C.
metode pembelajaran
D.
kompetensi dasar
E.
strategi pembelajaran
58.
Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan
guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?
A.
Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir
presenter.
B.
Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran
yang menyenangkan.
C.
Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau
kurang mendidik.
D.
Setuju dan tidak
setuju bergantung pada kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran
59.
Pernyataan yang bukan termasuk alasan KTI hasil
penelitian Tindakan kelas (PTK) makin banyak dipakai sebagai kegiatan
pengembangan profesi guru, hal ini karena ....
A.
Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan
pengembangan profesi, adalah dilakukannya kegiatan nyata di kelasnya dan
ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya
B.
Kegiatan PTK, harus dilaksanakan dengan menggunakan
kaidah-kaidah ilmiah, karena hanya dengan cara itu, mereka akan dapat
mengembangan profesinya
C.
Kegiatan PTK dapat berupa pelaksanaan penelitian
tindakan di dalam kelas yang diyakini makin layak untuk menjadi prioritas pada
kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu
pembelajaran adalah dengan “menguji atau menerapkan hal-hal baru” dalam praktik
pembelajarannya
D.
Banyak inovasi baru dalam pembelajaran, terutama dalam
praktik pembelajaran (misalnya penerapan teori konstruktivistik dalam upaya
mendukung pelaksanaan Kurikulum) memerlukan verifikasi maupun penerapan dalam
proses pembelajaran
60.
Peraturan Pemerintah tentrang Guru terdapat dalam ....
A.
Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2017 B. Peraturan
Pemerintah Nomor 17 Tahun 2017
C.
Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017
D.
Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017
61.
Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang
relatif permanen merupakan pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori
belajar ….
A.
Behaviorisme
B.
Dognitivisme
C.
Cognitivisme
D.
Konstruktivisme
62.
Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran
dengan menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa
keputusan guru tersebut menerapkan teori ….
A.
Behaviorsme
B.
Cognitivisme
C.
Dognitivisme
D.
Konstruktivisme
63.
Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu
berdasarkan pengalaman sehari-hari.
Pernyataan ini sesuai dengan teori belajar ….
A.
Behavioris
B.
Kognitivis
C.
Kognitivis Behavior D. Konstruktivisme
64.
Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat
satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai
efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut ....
A.
Standar Proses
B.
Standar Kompetensi Lulusan
C.
Standar Sarana dan Prasarana
D.
Standar
Pengelolaan
65.
Ujian Sekolah Bertsandar Nasional yang dilaksanakan
pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, merupakan benuk penilaian yang
dilakukan oleh ....
A.
Pendidik
B.
Satuan
Pendidikan
C.
Pemerintah
D.
Masyarakat
66.
“Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab”. Kalimat tersebut adalah ....
A.
Fungsi dan
tujuan pendidikan nasional
B.
Sasaran pendidikan nasional
C.
Fungsi pendidikan nasional
D.
Arah kebijakan pembangunan nasional
67.
Standar nasional pendidikan RI terdapat dalam .... A. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun
2005
B.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 20 Tahun 2005
C.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 21 Tahun 2005
D.
Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005
E.
Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007
68.
Memahami peserta didik secara mendalam, merupakan
kompetensi guru dalam bidang ....
A.
Kompetensi
Pedagogik
B.
Kompetensi Professional
C.
Kompetensi Manajerial
D.
Kompetensi Kepribadian
69.
Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang
terkait bidang studi, merupakan kompetensi guru dalam bidang ....
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi
Professional
C.
Kompetensi Supervisi
D.
Kompetensi Kepribadian
70.
Seorang guru mampu merancang pembelajaran, memahami
landasan pendidikan, merupakan kompetensi guru dalam bidang ....
A.
Kompetensi
Pedagogik
B.
Kompetensi Professional
C.
Kompetensi Manajerial
D.
Kompetensi Kepribadian
71.
Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif
dengan sesame pendidik di sekolahnya, termasuk ....
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Professional
C.
Kompetensi Manajerial
D.
Kompetensi
Kepribadian
72.
Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi
teladan, merupakan kompetensi guru dalam bidang ....
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Professional
C.
Kompetensi Manajerial
D.
Kompetensi
Kepribadian
73.
Seorang guru mampu memfasilitasi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi, merupakan kompetensi guru dalam bidang
....
A.
Kompetensi
Pedagogik
B.
Kompetensi Professional
C.
Kompetensi Kewirausahaan
D.
Kompetensi Kepribadian
74.
Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif
dengan guru dan masyarakat, merupakan kompetensi guru dalam bidang ....
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Professional
C.
Kompetensi Manajerial
D.
Kompetensi
Sosial
75.
Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses
spiral yang terdiri dari empat yaitu ....
A.
perencanaan,
tindakan, pengamatan, refleksi
B.
perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
C.
perencanaan, tindakan, refleksi, evaluasi
D.
evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
76.
Seorang guru aktif dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan
Kepramukaan, ini berarti guru tersebut telah melaksanakan kompetensi ....
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi Professional
C.
Kompetensi Manajerial D. Kompetensi Sosial
77.
Seorang guru gemar menulis Karya Tulis Ilmiah
penelitian tindakan kelas (PTK), ini artinya guru tersebut telah melaksanakan
dan mengembangkan kompetensi ....
A.
Kompetensi Pedagogik
B.
Kompetensi
Professional
C.
Kompetensi Manajerial
D.
Kompetensi Kepribadian
78.
Pemahaman guru terhadap teori belajar sangat diperlukan
agar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru memperhatikan aspek-aspek
penting yang berkaitan dengan ciri dan karakteristik belajar. Ciri dan karakteristik
belajar ini berimplikasi terhadap kesadaran guru dalam melihat siswa belajar.
Beberapa ciri umum kegiatan belajar yaitu, pertama
belajar menunjukan suatu aktivitas pada diri seseorang yang disadari atau
disengaja, kedua belajar merupakan
interaksi individu dengan lingkungannya, dan ketiga ....
a. hasil
belajar ditandai dengan perubahan pengetahuan B. hasil belajar ditandai dengan
perubahan tingkah laku
C.
hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku
dan emosi
D.
hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku
dan intelektual
79.
Ada beberapa aliran psikologi yang memberikan
pandanganya terhadap belajar, yaitu teori psikologi klasik, teori psikologi
daya, teori mental state, teori psikologi behaviorisme dan teori psikologi
gestalt. Ke-lima aliran psikologi tersebut berpengaruh terhadap pendidikan
terutama terhadap belajar. Salah satu aliran psikologi yang banyak berpengaruh
terhadap teori belajar yaitu aliran psikologi behaviorisme sehingga memunculkan
teori belajar behaviorisme. Menurut teori belajar behaviorisme ....
A.
siswa belajar karena adanya stimulus sehingga membentuk
kebiasaan-kebiasaan
B.
siswa belajar karena adanya respon sehingga membentuk
kebiasaan-kebiasaan
C.
siswa belajar karena adanya stimulus dan respon secara
bersamaan
D.
siswa belajar
karena adanya stimulus yang kemudian direspon sehingga membentuk
kebiasaan-kebiasaan
80.
Pada saat melaksanakan proses pembelajaran guru harus
mempertimbangkan aspek perkembangan siswa. Salah satu aspek perkembangan siswa
yang harus diperhatikan yaitu perkembangan motoriknya. Perlakuan guru dalam
proses pembelajaran yang mempertimbangkan aspek motorik siswa adalah ....
a. guru membagi kelompok siswa berdasarkan usia
B. guru membagi kelompok siswa
berdasarkan jenis kelamin
C.
guru membagi kelompok siswa berdasarkan kecerdasan
D.
guru membagi
kelompok siswa berdasarkan kemampuan kerja
81.
Dalam standar nasional pendidikan di atur tentang
jumlah siswa dalam satu kelas sesuai dengan satuan pendidikan. Di SMP jumlah
siswa dalam satu kelas berdasarkan standar nasional yaitu 32 orang. Pengaturan
jumlah siswa ini berdasarkan pendekatan dalam proses pembelajaran yaitu
pendekatan ....
A.
kelompok dan klasikal
B.
kelompok dan individual
C.
individual D. klasikal
82.
Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen
penting dalam proses pembelajaran. Guru harus menggunakan metode pembelajaran
dalam setiap kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang dapat digunakan
dalam proses pembelajaran beraneka ragam. Agar metode yang digunkan tepat
sasaran sehingga proses pembelajaran berhasil, maka beberapa factor harus
menjadi pertimbangan guru dalam menggunakan metode tersebut. Faktor-faktor yang
harus dipertimbangkan oleh guru dalam menggunakan metode pembelajaran yaitu
....
A.
karakateristik siswa, materi pembelajaran, indicator
B.
tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, indicator
C.
karakteristik siswa, materi pembelajaran, tujuan
pembelajaran, indicator
D.
tujuan
pembelajaran, materi pembelajaran, karakteristik siswa
83.
Seorang guru hendak mengajar di kelas yang mempunyai
peserta didik sebanyak 38 siswa. Di dalam RPP guru merencanakan pembelajaran
dilakukan dengan menggunakan model role
playing. Untuk mendukung keterlaksanaannya kegiatan pembelajaran secara
efektif, sesuai dengan yang direncanakan dan memperoleh hasil yang maksimal,
maka yang harus dilakukan guru adalah ....
A.
Pengaturan tempat duduk dibuat melingkar
B.
Pengaturan tempat duduk dibuat setengah lingkaran
C.
Pengaturan tempat duduk sebaris menghadap kedepan
D.
Tempat duduk
disingkarkan sementara
84.
Guru tidak cukup berbekal buku teks ke dalam kelas.
Guru perlu selalu menyiapkan bahan pelajaran (media) yang akan diamati siswa
sebelum melakukan aktivitas belajar. Sehingga pembelajaran menjadi kontekstual.
Guru tidak memulai dengan memberi tahu siswa (menahan diri untuk memberitahu)
tapi mengajak siswa mencari tahu, Guru dan buku teks bukan satu-satunya sumber
belajar. Kelas bukan satu-satunya tempat belajar. Pernyataan ini merupakan ciri
pembelajaran scientific dalam proses
....
A.
Menanya
B.
Mengumpulkan
informasi
C.
Mengobservasi D.
Mengasosiasi
85.
Saat kegiatan pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa
mengeluh karena mereka tidak dapat menerima penjelasan guru dengan baik, hal
tersebut disebabkan karena guru tidak memberikan catatan di papan tulis maupun
memanfaatkan media dan alat peraga sesuai dengan materi yang diberikan. Hampir
semua siswa mengeluhkan hal yang sama. Berdasarkan situasi di atas jika guru
akan menilai konsep yang memiliki cakupan luas dan aspek penilaian yang harus
diperhatikan sesuai dengan karakteristik siswa, maka kecenderungan yang
dimiliki siswa adalah .... A. Auditif
B.
Tektif
C.
Visual
D.
Gustative
86.
Dalam membuat perencanaan pembelajaran, proses
pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk menumbuhkan
motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat
belajar. Prinsip yang mendasari ketentuan di atas adalah ....
A.
Memperhatikan perbedaan individu siswa
B.
Mendorong
partisipasi aktif siswa
C.
Mengembangkan budaya membaca
D.
Memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan
87.
Pernyataan berikut yang merupakan prinsip
konstruktivisme dalam pembelajaran kontektual adalah ....
A.
Proses
pengembangan atau mengembangkan pengetahuan baru dalam struktur kognitif siswa
berdasarkan pengalaman
B.
Proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan
penemuan melalui proses berfikir sistematis
C.
Proses belajar sebagai contoh untuk menunjukan sesuatu
yang dapat ditiru oleh setiap siswa
D.
Proses penyelesaian pengalaman yang telah dipelajari
dilakukan dengan menyortir peristiwa atau kejadian yang telah dipelajari
88.
Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di
sekolah sebagai berikut, kecuali ....
A.
melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan,
dan semester, kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran.
B.
menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik,
pendidik, dan tenaga kependidikan.
C.
mengawasi dan mewajibkan
peserta didik membaca
sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya
dalam kurun waktu tertentu.
D.
melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang
terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.
89.
Perhatikan pernyataan berikut ini:
Dalam pelaksanaan pendidikan budi
pekerti, Ki Hadjar Dewantara menggunakan sistem
among sebagai perwujudan konsepsi beliau dalam menempatkan peserta didik
sebagai sentral proses pendidikan. Dalam sistem
among, maka setiap pamong (pendidik) sebagai pemimpin dalam proses
pendidikan diwajibkan bersikap ing ngarsa
sung tulada, ing madya mangun karsa,
dan tut wuri handayani.
Makna dari Ing Ngarsa Sung Tuladha dalam implementasi
pendidikan budi pekerti ialah ....
A.
pendidikan budi pekerti tidak dapat terinternalisasi
dalam diri peserta didik dengan sendirinya, oleh karena itu keberhasilan
pendidikan budi pekerti menuntut pentingnya contoh yang baik dari pendidik
terhadap peserta didik
B.
pendidik
hendaknya mampu menumbuhkembangkan minat, hasrat dan kemauan peserta didik
untuk dapat kreatif dan berkarya, guna mengabdikan diri kepada cita-cita yang
luhur dan ideal
C. pendidik
memberi kebebasan, kesempatan dengan perhatian dan
bimbingan yang memungkinkan peserta didik atas inisiatifnya sendiri dan
pengalamannya sendiri, supaya mereka berkembang menurut garis kodrat pribadinya
D.
pendidikan budi pekerti perlu didukung oleh pendidik
yang mampu membina kehendak, kemauan dan hasrat untuk mengabdikan diri kepada
kepentingan umum, dan kepada cita-cita yang luhur
90.
Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua
mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?
A.
Standar
Kompetensi Lulusan
B.
Standar Kompetensi
C.
Kompetensi Inti
D.
Kompetensi Dasar
91.
Salah satu tujuan perbaikan buku tesk pelajaran pada
penyempurnaan kurikulum 2013 adalah ....
A.
memastikan kredensial penulis, penelaah, penilai, dan
pereviu secara terbuka dan dapat dihubungi oleh pengguna/pembaca
B.
memastikan
langkah-langkah pendekatan saintifik sudah dituliskan dalam buku
C.
mengefisienkan biaya pencetakan dan penditsribusian
buku pelajaran
D.
memperbanyak ilustrasi, gambar, dan peta konsep
pembelajaran dan penilaian
92.
Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari penyempurnaan kurikulum 2013 ialah ....
A.
menghilangkan KD pada KI-1 dan KI-2 untuk Mapel selain
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn
B.
memperbaiki rumusan KD sehingga mudah dipahami dan
menata keluasan, kedalaman, dan urutan kompetensi
C.
capaian kompetensi disesuaikan dengan jenis pengetahuan
dan tingkat perkembangan berpikir
D.
pembelajarn
saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik
dalam pembelajaran
93.
Penyempurnaan Kurikulum 2013 pada aspek penilaian hasil
belajar peserta didik oleh pendidik ialah ....
A.
penilaian sikap mendapat porsi lebih besar daripada
penilaian pengetahuan dan keterampilan
B.
penilaian sikap tidak harus dinilai pada setiap KD dan
bertujuan membina, memperbaiki, dan mengembangkan sikap dan karakter peserta
didik
C.
penilaian sikap diarahkan untuk meningkatkan kemampuan
pengetahuan peserta didik tentang sikap yang baik dan sikap yang perlu
bimbingan
D.
penilaian
pengetahuan dan keterampilan dilakukan untuk setiap KD dengan menggunakan hanya
satu teknik dan instrument penilaian
94.
Karakteristik silabus pada implementasi Kurikulum 2013
setelah penyempurnaan yaitu ....
A.
berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik
dalam menyusun RPP
B.
hanya menyajikan aspek KD, Materi Pokok, dan
Pembelajaran
C.
Disajikan secara
sederhana sehingga mudah dipahami
D.
Kurang detail dan kurang memberi peluang kreativitas
guru
95.
Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan:
1)
Kemampuan berpikir
mencakup: mengingat, memahami, menerapkan,
menganalisis, mengevaluasi, dan
mencipta
2)
Kemampuan belajar
mencakup: mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi,
dan mengomunikasikan
3)
Kemampuan pikir dan tindak mental non motorik seperti:
mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar
4)
Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat,
menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik
Pernyataan
yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka ....
A.
(1), (2), dan (3)
B.
(1), (2), dan (4)
C.
(1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan
(4)
96.
Berikut terkait dengan tahap MENGAMATI dalam
pembelajaran yang menerapkan metode saintifik, kecuali ....
A.
siswa mengumpulkan datayang relevandenganpertanyaan
atau KD
B.
siswa mengamati fenomenon dengan indera dengan atau
tanpa alat
C.
siswa menemukan apa saja yang belumdiketahui terkait
fenomenon
D.
yang diamati adalah fenomenon alami atau disajikan
melalui video/audio/gambar
97.
Kegiatan pembelajaran dengan langkah-langkah merumuskan
pertanyaan (masalah), membuat rancangan pengumpulan data/informasi,
mengumpulkan data/informasi dengan teknik yang sesuai dan menganalisis data/informasi,
merumuskan simpulan (menjawab pertanyaan), dan menerapkan/menggunakan “temuan”
dalam kehidupan dikenal sebagai ....
A.
inquiry/discovery
learning
B.
problem-based
learning
C.
cooperative
learning
D.
project-based
learning 98. Perhatikan pernyataan
berikut!
1)
Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam
perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran
2)
Memandu dan memberi kesempatan peserta didik untuk
memotret dan merefleksi kondisi pembelajaranya serta menentukan langkah
selanjutnya
3)
Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran
peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standar, dan kompetensi
4)
Pendidik menilai perkembangan dan “kebutuhan”
pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikulum, standar, dan
kompetensi
5)
Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan
strategi memperbaiki pembelajarannya
6)
Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan
pihak lain yang relavan tentang hasil penilaian peserta didik secara
komprehensif.
Pernyataan yang merupakan
karakteristik utama dari assessment as
learning ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (5)
C. (3) dan (6)
D. (4) dan (5)
99. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan
masalah lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya dari sampah
anorganik. Beliau merencanakan untuk menilai hasil karya siswa
berdasarkankegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah
yangsebaiknya diterapkan?
A. Tes
lisan
B. Penilaian
praktik
C. Penilaian
produk
D. D.
Portofolio
100.Rumusan
indikator soal pilihan ganda berikut ini yang menggunakan kata kerja tidak operasional adalah ....
A. siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri penyakit malaria
B. siswa
dapat menyebutkan contoh pasar persaingan sempurna
C. siswa
dapat menuliskan sebuah kalimat pasif dengan benar
D. siswa dapat mengamati perubahan zat padat
menjadi zat cair
*)
Disarikan dari berbagai sumber
0 Comments:
Post a Comment