Sunday 10 October 2021

Rumah Belajar Kemendikbud untuk Siswa, Guru, dan Masyarakat

Apa Itu Rumah Belajar ?

Rumah Belajar adalah sebuah portal pembelajaran yang merupakan produk dari Pusdatin Kemendikbud yang bisa dimanfaatkan oleh peserta didik dan tenaga kependidikan. Layanan Rumah belajar ini bisa diakses melalui portal https://belajar.kemdikbud.go.id atau bisa juga mengunduh aplikasinya di playstore dan appstore.

Tahukah Sahabat kapan Rumah Belajar pertamakali diluncurkan ??

ya...Rumah Belajar telah diluncurkan sejak  tanggal tanggal 15 Juni 2011. Sejak peluncuran pertamanya, Rumah Belajar  telah mengalami banyak perkembangan.  Dari sebuah Sumber Belajar bertransformasi menjadi sebuah portal pembelajaran atau learning management  system (LMS) yang terintegrasi, menjadi sebuah one stop service yang dapat diakses selama 7 hari 24 jam bagi stakeholder pendidikan.  Sejarah perkembangan Rumah Belajar  dari sejak tahun 2011 dapat Sahabat simak pada infografis berikut:

Rumah Belajar memiliki fitur-fitur utama dan fitur pendukung yang dapat diakses secara gratis oleh guru,siswa dan masyarakat. Sekilas mengenai fitur-fitur Rumah Belajar dapat disimak dalam video berikut:



Fitur utama Rumah Belajar, terdiri dari sumber belajar, kelas maya, bank soal dan laboratorium maya. Untuk mengetahui lebih detail mengenai apa dan bagaimana isi fitur-fitur utama Rumah Belajar tersebut, Sahabat dapat mempelajari secara mandiri melalui tautan berikut :

  1. sumber belajar, dengan alamat https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/
  2. kelas maya, dengan alamat https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/kelasmaya.
  3. bank soal, dengan alamat http://banksoal.belajar.kemdikbud.go.id/
  4. laboratorium maya dengan alamat https://belajar.kemdikbud.go.id/labmaya

Selain fitur utama, berikutnya Sahabat  dapat mempelajari fitur pendukung Rumah Belajar melalui tautan-tautan berikut:

  1. Peta budaya : https://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/,
  2. Buku Sekolah Elektronik: http://bse.belajar.kemdikbud.go.id/,
  3. Wahana Jelajah Angkasa: http://wwt.belajar.kemdikbud.go.id/,
  4. Karya Bahasa dan Sastra: https://belajar.kemdikbud.go.id/BahasaSastra,
  5. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/,
  6. Edugame: https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame,
  7. Blog Pena: http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/

Pada laman Rumah Belajar  juga disediakan Booklet Panduan Pemanfaatan Fitur-fitur Rumah Belajar dan juga Booklet Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif yang memanfaatkan Rumah Belajar. Sahabat dapat mengakses kedua booklet panduan tersebut melalui tautan yang ada di halaman depan Rumah Belajar. Diharapkan baik pengguna baru maupun pengguna lama dapat lebih mudah dalam memahami dan menerapkan Rumah Belajar. 


 2. AKUN PEMBELAJARAN

Apa itu Akun Belajar ?

Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Apakah Sahabat sudah memiliki, mengaktifkan, dan mengakses akun pembelajaran yang telah disediakan oleh Kemendikbud tersebut???

Bagi Sahabat yang belum dapat mengakses dan mengaktifkan akun pembelajaran, silahkan simak video tutorial berikut:


SMPN 1 PUSAKANAGARA

Author & Editor

“TERWUJUDNYA WARGA SEKOLAH YANG BERAKHLAKUL KARIMAH, BERILMU, TERAMPIL DAN BERBUDAYA”

0 Comments:

Post a Comment